Jualan Pembalut Kain yang Bikin Taubat di Bulan Ramadhan

Jualan pembalut kain

Setelah dua tahun saya jualan pembalut kain, sekarang saya “tobat” :) . Lho kok bisa, apakah pembalut kain malah lebih berbahaya dari pembalut sekali pakai?

Bukan itu, maksud tobat saya karena Ramadhan ini yang harusnya konsentrasi ibadah 100% jadi 60%. Tersita oleh dunia bisnis online pembalut kain Shofy. Tobat dalam artian bingung bagi waktu antara ibadah dan bisnis. Itu maksud saya.

Memang tahun ini Ramadhan pertama saya berjualan pembalut kain secara online ke suluruh Indonesia. Ramadhan dulu saya hanya fokus pada target satu wilayah saja. Itupun hanya membangun reseller.

Tahun lalu belum ada www.kainshofy.com, masih dengan facebook target lokal dan pada teman-teman BBM saya. Sekarang target pasar jauh lebih luas.

Jualan Pembalut Kain Jadi 24 Jam

Secara teori, saya membuka toko online saya mulai dari jam 6 pagi tutup jam 10 malam. Prakteknya tidak bisa. Apalagi diluar jam tersebut gadget saya tetap aktif dan online.

Macam-macam nada notifikasi berbunyi. Mulai dari BBM, Whatapps, LINE dan Facebook. Tidak mengenal jam tutup. Mungkin karena bulan Ramadhan, banyak yang begadang untuk tilawah atau sahur jam 2 pagi.

Saya tidak pernah menyalahkan calon konsumen, karena mungkin informasi jam tutup ini hanya saya terakan di Facebook Page http://facebook.com/kainshofy. Semuanya rezeki yang saya syukuri, Alhamdulillah.

Toh mencari rizki itu juga ibadah. Walau seidealnya, Ramadhan itu total untuk ibadah terutama membaca Al-Quran.

Melayani konsumen dengan ramah juga termasuk sedekah. Bukankah dalam hadits disampaikan:

‎“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu berupa cerahnya wajahmu ‎terhadap saudaramu.” (HR. Muslim)

Kalau ada konsumen bertanya pasti saya tersenyum apalagi beli. Meski mereka tidak melihat saya tersenyum sambil mata setengah terpejam karena baping! jam 2 malam.

Kunci Sukses Bisnis Online Pembalut Kain: Layani Seramah Mungkin

Soal kebijakan jam buka dan tutup toko, masing-masing pemilik toko online boleh berbeda. Tapi kalau mau sukses, kita harus melayani pembeli seramah mungkin.

Apalagi jika produk kita masih asing seperti yang saya jual, pembalut kain. Ini yang saya pelajari di bulan Ramadhan dari pengalaman pribadi.

Calon pembeli pembalut kain, biasanya malas melihat informasi yang saya cantumkan di website. Walaupun saya sudah berusaha memberikan penjelasan sebanyak mungkin tapi toh tetap ditanyakan juga.

Harga sudah tertera dengan foto dan spesifikasi produk. Calon pembeli masih tanya, “Berapa harga pembalutnya mba?”

Nah, konsumen tidak mau hanya mendapat jawaban link ke website kita. Mereka maunya langsung mendapat balasan list harga.

Bagi yang sudah mengenal pembalut kain, seringnya sih langsung bilang saya beli ini itu, tolong total uang saya transfer. Tapi bagi yang masih asing, kita harus melayani semua pertanyaannya dengan singkat, jelas dan detil. Padahal cuma beli 1 pak.

Rumus ini berlaku untuk semua produk online.

Berikut ini saya berikan contoh percakapan saya dengan pembeli. Panjang sekali percakapannya, berseri lagi.

———————

3 Apr - KONSUMEN: Pagi mbk jual pembalut kaos ya

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Iya

3 Apr - KONSUMEN: Berapa mbk per pack

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Harga pembalut

Bahan kaos

Day. 65.000/ pack isi 6. (24cm)

Night 75.000/ pack isi 6(30cm)

Bahan bludru

Day 75.000/ pack isi 6 (24cm)

Night 85.000/ pack isi 6(30cm)

Pantyliner 63.000/ pack isi 6 (24cm)

3 Apr - KONSUMEN: Yang ukuran 24 cm kecil gak mbk?

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Standar seperti pembalut sekali pakai itu mba

3 Apr - KONSUMEN: Emb klau saya beli yang day ukuran 24 cm berapa ongkir ke padangan?

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Minta alamat lengkapnya...kita cek ongkir

3 Apr - KONSUMEN: Dlu saya juga pernah beli mbk pembalut shofy dari teman

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Iya...terus?

3 Apr - KONSUMEN: Gambar diterima

3 Apr - KONSUMEN: Alamatnya xxxx

3 Apr - KONSUMEN: Berapa mbk ongkirnya

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Cek ya

3 Apr - KONSUMEN: Klau beli 2 pack kasih diskon mbk

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: xxxx

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Wahana 15.000

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Pos,22.000

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Jne oke 18.000

3 Apr - KONSUMEN: Jne aja mbk

3 Apr - KONSUMEN: Wahana thu apa mbk

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Ekpedisi juga

3 Apr - KONSUMEN: Jne aja cepet

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Iya

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Mau brp pack?

3 Apr - KONSUMEN: Bntr ya mbk aku tnyakan ke temen saya solanya pesen

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Ok

3 Apr - KONSUMEN: Mbk bisa pilih warna?

3 Apr - KONSUMEN: PING!!!

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Mau warna apa? Klo ada stok bisa

3 Apr - KONSUMEN: Adanya apa mbk

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Tunggu saya cek ya

3 Apr - KONSUMEN: Ya mbk

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Yang day atau night ?

3 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Kaos atau bludru?

3 Apr - KONSUMEN: Panty mbk

3 Apr - KONSUMEN: Kaos

4 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Maaf mba,kemarin mati lampu ,jadi lambat balas

4 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Warna terang atau gelap mba

4 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Biru muda,merah maroon,hitam,tocsa ,coktua,

6 Apr - KONSUMEN: Diskon berapa

6 Apr - Xx Halida Safira Istianah: xxxxx

6 Apr - KONSUMEN: Mbk kalau beli 2 pack ongkirnya cuma 1 kan

6 Apr - Xx Halida Safira Istianah: Iya d htg sek 1kg.

14 Jun - KONSUMEN: Mbk thu 1 pak berapa

14 Jun - KONSUMEN: Harganya

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Harga pembalut kain shofy

Bahan kaos

Day. 55.000/ pack isi 6. (24cm)

Night 65.000/ pack isi 6(30cm)

Bahan fleece

Day 65.000/ pack isi 6 (24cm)

Night 75.000/ pack isi 6(30cm)

Pantyliner 53.000/ pack isi 6 (24cm)

Cek http://kainshofy.com/belanja

14 Jun - KONSUMEN: Mbk bedanya kaos sama penteliner apa

14 Jun - KONSUMEN: Trus ongkirnya berapa

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Day kaos ,untuk haid karna ada anti tembusnya

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Klo panty di pake untuk keputihan

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Alamat di mana? Nanti saya cek ongkirnya

14 Jun - KONSUMEN: xxxxx

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Jne ok 18.000

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Wahana 15.000

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Pos23.000

14 Jun - KONSUMEN: Wahana thu gimana bk

14 Jun - KONSUMEN: Mbk

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Wahana juga expedisi

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Terkenal murah

14 Jun - KONSUMEN: Lama gak mbk?

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Saya sering kirim ke samarinda,balikpapan pakai wahana

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: 3-4 hari

14 Jun - KONSUMEN: Ya udah saya pesen yang bahan kaos ukuran 24cm pakai wahana

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Mau brp pack,?

14 Jun - KONSUMEN: 1 aja mbk

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Minta alamat lengkapnya

14 Jun - KONSUMEN: Alamat xxxxx

14 Jun - KONSUMEN: Uangnya saya tranfer mbk?

14 Jun - KONSUMEN: Nama saya xxxxx

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: xxxxx

14 Jun - KONSUMEN: Iya mbk besok saya transfer jadi 70 ribu mbk

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Total 55+15=70.000

14 Jun - KONSUMEN: Klau kirim di bni an siapa?

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Iya,pengiriman dari jam 10 an mba

14 Jun - KONSUMEN: Bri aja mbk

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: xxxxx

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Iya silahkan

14 Jun - KONSUMEN: Iya besok pagi saya kirim lwat bri saja

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Ok kita tunggu()

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Minta no hp nya

14 Jun - KONSUMEN: xxxxx

14 Jun - KONSUMEN: Itu dikirim sampai rumah mbk?

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Insya Allah kalau alamatnya mba jelas. Minta no hp nya supaya km terakan di paket agar ekspedisi mudah komunikasi

14 Jun - KONSUMEN: Iya mbk itu nmr saya

14 Jun - Xx Halida Safira Istianah: Ok()

Rab 10.17 - KONSUMEN: Mbk sudah saya tranfer di bri

Rab 10.18 - Xx Halida Safira Istianah: Tlg foto slip

Rab 10.28 - KONSUMEN: Gambar diterima

Rab 10.29 - KONSUMEN: Gambar diterima

Rab 10.29 - Xx Halida Safira Istianah: Ok mba, trims

Rab 10.29 - KONSUMEN: Iya mbk hari apa datangnya

Rab 10.40 - Xx Halida Safira Istianah: Sek Sepekan

Rab 10.41 - KONSUMEN: 1 minggu mbk?

Rab 10.45 - Xx Halida Safira Istianah: Iya wahana 1 pkn, jne jg sek 1 pekan

Rab 10.46 - Xx Halida Safira Istianah: Lbh cepetan ke kaltim =-d

Rab 10.46 - KONSUMEN: Ya udah gpp mbk berarti selasa sudah sampai

Rab 10.47 - Xx Halida Safira Istianah: Insya Allah

Min 07.32 - KONSUMEN: Mbk datangnya kapan?

Min 11.50 - Xx Halida Safira Istianah: Gambar dikirim

Min 11.51 - Xx Halida Safira Istianah: Sekitar selasa atau gak rabu mba

Min 12.17 - KONSUMEN: Klau rabu siang aku gak dirumah mbk

Min 12.18 - KONSUMEN: Selas udah datang mbk?

Min 12.18 - Xx Halida Safira Istianah: Insya allah selasa mba

Sen 16.25 - KONSUMEN: Mbk besok ddatang jam berapa

Sen 17.58 - Xx Halida Safira Istianah: Waduh, ya ga tau mba kan bkn kt yg antar =d

Nah, panjang kali ya…

Tapi kalau pembeli puas dengan produk dan pelayanan, kita lebih senang lagi.

Testimoni jualan pembalut kain shofy

Saya dapat keuntungan dua kali, pertama untung penjualan dan kedua untung menyelamatkan wanita dari pembalut sekali pakai yang tidak sehat.

Share page with AddThis

Artikel Terkait