Ini Dia Aplikasi Siklus Wanita Berbasis Kecerdasan Buatan

Aplikasi siklus haid

Tidak lama setelah era smarphone, aplikasi kesuburan mulai muncul. Menarik perhatian para wanita mencari cara yang lebih mudah untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan atau menundanya.

Tapi sebagian aplikasi siklus haid itu hanya menggunakan satu pendekatan perhitungan yang mengasumsikan semua wanita memiliki rata-rata siklus 28 hari. Saat siklus berkisar luas antara 20 sampai 40 hari, aplikasi tersebut menghasilkan perhitungan yang error.

Syukurnya, baru-baru ini beredar aplikasi kesuburan yang lebih pintar, DOT (Dynamic Optimal Timing) namanya. Cycle Technologies, pencipta software menggunakan artificial intellegence atau kecerdasan buatan untuk menghitung kesuburan wanita meski siklusnya tidak teratur.

Saat kita memberikan data-data siklus haid, aplikasi secara mandiri akan mempelajari karakter siklus haid kita. Sehingga waktu kesuburan bisa diprediksi lebih tepat.

Algoritma pembuatan software ini didasarkan pada data empiris yang diambil dari dua penelitian:

  • Universitas Nort Carolina.
  • WHO

Penelitian tersebut telah memetakan 1000 karakter dan siklus wanita di 6 geografis yang memiliki budaya berbeda.

Aplikasi ini telah diuji cobakan oleh Georgetown University’s Institute for Reproductive Health (IRH). Mereka menemukan aplikasi ini memiliki keakuratan 96-98 persen. Studi ini kemudian dipublikasikan dalam European Journal of Contraception and Reproductive Health Care.

Anda dapat menyaksikan videonya di sini:

Dalam laman resminya di http://www.dottheapp.com/ diterangkan:

Dot itu cerdas, ilmiah dan dirancang khusus mengerti anda. Semakin sering anda menggunakan Dot, ia lebih mengenal anda. Dot mengkalibrasi data siklus pribadi anda dan kemudian menerjemahkan informasi itu menjadi presentase risiko kehamilan setiap hari.

Sayangnya Dot saat ini hanya tersedia untuk iOS. Versi Android akan menyusul karena sedang dikembangkan.

Share page with AddThis

Artikel Terkait