4 Manfaat Rahasia Buah Manjakani untuk Kesehatan Organ Intim Wanita

Thu, 10/06/2016 - 19:51 Istianah Royani
Manfaat Manjakani untuk Kesehatan Organ Intim Wanita

Selama berabad-abad di asia, Manjakani dimanfaatkan sebagai jamu dan herbal penunjang kesehatan organ intim wanita. Sebuah literatur menyebutkan, tanaman ini sudah digunakan sejak 2725 SM oleh bangsa Mesir kuno. Kemudian berkembang di Cina, Malaysia, Brunai, Iran dan India. Hari ini, Manjakani bahkan sudah tumbuh di Eropa, Suriah, Iraq dan Turki.

Umumnya, Manjakani digunakan untuk mengatasi keputihan atau gatal-gatal pada vagina yang disebabkan karena iritasi atau keputihan itu sendiri. Selain itu, dari penelitian buah yang bentuknya bulat ini membantu vagina lebih elastis.

Dalam risetnya, pakar herbalis Prof. Dr. Hembing Wijayakusuma menyatakan ekstrak Manjakani dapat membantu mengencangkan otot vagina. Penggunaanya dicampur dengan ramuan herbal lain agar mendapatkan manfaat yang tepat.

Di Indonesia sendiri, penggunaan daun sirih sebagai solusi keputihan lebih dikenal daripada Manjakani. Padahal menurut Prof. Hembing, Manjakani lebih bagus dan efektif daripada daun sirih.

Buah Manjakani berasal dari pohon Manjakani atau dikenal dengan pohon oak. Memiliki berbagai nama seperti oak galls, Mecca Majakani, Majakani, Quercus Infectoria atau Quercus Lusitanica. Di India dikenal dengan nama Majufal atau Majuphal.

Pembentukan Buah Manjakani

Tawon Gall atau cynipid bertanggungjawab atas pembentukan buah manjakani. Tawon ini menggunakan daun manjakani sebagai tempat penyimpanan telur. Tanaman merespon larva tawon menyebabkan reaksi biokimia antara jaringan tanaman dan larva tawon. Terdapat jaringan abnormal berbentuk bulat dan keras yang diproduksi yang disebut buah manjakani.

Informasi Dasar

Safety Profile Aman dan ditoleransi
Tipe Obat Tanaman obat - Jaringan tumbuhan (Gall Oaks)
Aksi Potensial Astringent
Komposisi Kimia Gallic Acid dan Tannic Acid
Dosis 250 mg sampai 1000 mg
Nama Ilmiah Quercus Infectoria
Komposisi Kimia Gallic Acid dan Tannic Acid
Keluarga Tanaman Fagaceae
Nama India Manjakani, Majuphal
Nama Ingris Gall Oak, Aleppo oak
Nama Lain Masikai, Magic Nut, Downy Oak, Mayakku, Mayaphala, Mecca Majakani, Majakani

Botanical Classification (Plant Taxonomy)

Kingdom PLANTAE
Sub-Kingdom VIRIDIPLANTAE
Infra Kingdom STREPTOPHYTA (land plants)
Super Division EMBRYOPHYTA
Division TRACHEOPHYTA (TRACHEOPHYTES or Vascular Plants)
Sub Division SPERMATOPHYTINA (SPERMATOPHYTES or Seed Plants)
Class MAGNOLIOPSIDA
Keluarga Tanaman Fagaceae
Super Order ROSANAE
Order FAGALES
Family FAGACEAE
Genus QUERCUS L. (Oak)
Species Quercus Infectoria Olivier (Aleppo Oak)

Manjakani memiliki sifat pengobatan berikut:

  1. Astringent yang kuat
  2. Astruis topikal
  3. Penyembuhan luka - Aplikasi topikal
  4. Antidiarrheal
  5. Antidysenterik
  6. Antihemorrhagic
  7. Anti-inflamasi
  8. Pembakar lemak
  9. Anti oksidan

Khasiat

Buah Manjakani ini memiliki banyak khasiat kesehatan. Khusus topik kesehatan organ intim wanita, saya merangkumkan 4 manfaat penting Manjakani.

1 Anti Jamur dan Bakteri

Beberapa riset menemukan, Manjakani memiliki sifat antibakeri yang baik seperti dalam makalah berjudul “Antibacterial Activity Possesed by Medical Plants Used in Tooth Powder”, “Detection of anti-bacterial activity of Medicinal plant Quercus infectoria against MRSA isolates in clinical samples,” dan Annal of Clinical Microbiology and Antimicrobials.”

Kandungan anti oksidan, vitamin C, vitamin A, Kalsium, Selenium, Besi berfungsi membersihkan bakteri dan jamur di area intim wanita. Biasanya rasa gatal dan perih di area kemaluan disebabkan oleh infeksi jamur. Keputihan berlebih juga kadang menyebabkan gatal. Kedua kasus tersebut bisa dibantu dengan buah oak ini.

Gatal di area intim bukan hanya karena jamur, bisa juga akibat alergi atau iritasi karena pemakaian pembalut sekali pakai buatan pabrik.

dr. Susmeiati H. Sabardi, Sp.KK dari bagian kulit dan kelamin, RSAB Harapan Kita, Jakarta menjelaskan zat-zat yang terkandung dalam pembalut menjadi sumber alergi dan iritasi.

Karena itu sangat disarankan bagi wanita segera beralih menggunakan pembalut kain modern yang bersih dari berbagai macam kimiawi berbahaya.

2 Menghilangkan Cairan Berlebih

Cairan berlebih berupa keputihan atau lendir lainnya akibat bakteri ataupun keputihan berlebih bisa dibantu diobati dengan buah ini. Dikalangan wanita bersuami, kasus ini biasa disebut vagina becek.

Prof. Hembing sendiri telah memberikan pernyataan akan kemanjuran Manjakani sebagai solusi cairan berlebih. Meski beliau menyarankan, penggunaanya dibarengi dengan resep alami lainnya.

Cairan berlebih yang tidak normal memiliki ciri berbau, nyeri, gatal dan berwarna. Biasanya disebabkan oleh infeksi akibat kontaminasi jamur, trimokonas, bakteri, gonore, dll.

Jika disebabkan oleh jamur memiliki ciri berlendir putih seperti susu dan sangat gatal. Bila disebabkan oleh trikomonas memiliki ciri lendir berwarna putih kuning atau kehijauan disertai bau menyengat. Jika lendir itu berwana kekuningan disertai nyeri saat buang air kecil berarti disebabkan oleh gonore.

3 Meremajakan Vagina

Sejak ribuan tahun lalu, Manjakani sudah dikenal membantu elastisitas organ intim kewanitaan. Khasiatnya bukan saja dirasakan oleh para istri, tapi juga suami dalam berhubungan intim.

Fungsi merapatkan otot-otot vagina yang kendur ini berasal dari manfaat astringent (menciutkan/memkontruksikan jaringan) pada Manjakani. Sampai sekarang, Manjakani diketahui sebagai tanaman yang memiliki astringent paling tinggi.

Manjakani dapat merapatkan vagina

 

Astringent dihasilkan oleh tannin, gallic dan ellagic acid yang terkandung dalam Manjakani. Kandungan tannin Manjakani sangat kuat mencapai 50-70%. Karena itu pemakaiannya harus dengan dosis yang tepat agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Meski mampu merapatkan vagina, Manjakani tidak bisa membuat istri 100% menjadi seperti perawan kembali. Tapi mereka bisa memperoleh hasil yang mirip menjadi perawan dengan buah ini.

Di Malaysia, Manjakani dimanfaatkan untuk jamu rapat pasca melahirkan. Bermanfaat untuk mengecilkan rahim dan vagina serta memkontruksikan jaringan. Bahkan kasiat ini dibukukan oleh Muhamad Z dan Mustafa AM dengan judul “Traditional Malay Medical Plant.”

4 Kista

Manjakani sebagai obat kista sangat terkenal di Aceh. Ramuannya dengan kombinasi berbagai rempah-rempah sirih, kayu putih, rumput fatimah, buah pinang muda, kunyit putih dan lainnya.

Namun mengolahnya perlu keahlian khusus untuk mencapai kasiat yang tepat dalam meramu Manjakani sebagai herbal kista.

Pemanfaatan Secara Tradisional

Manjakani dapat diolah secara tradisional untuk mendapatkan manfaat-manfaat seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Berikut cara mengolah buah Manjakani:

1 Dioleskan Langsung di Organ Kewanitaan

Pemakaiannya dengan dioleskan di vagina untuk membantu mengatasi keputihan, mengurangi cairan berlebih atau vagina becek, dan meningkatkan elastisitas vagina.

Caranya adalah buah Manjakani dihaluskan lalu disaring. Campur serbuk Manjakani dengan air secukupnya hingga merata lalu oleskan di sekitar organ kewanitaan.

2 Direbus

Manjakani dapat merapatkan vagina

Rebus 3 buah Manjakani dengan 2 gelas air sampai mendidih dan airnya berubah menjadi coklat pekat. Hasil rebusan bisa disimpan dalam botal dan bisa digunakan selama 3 hari.

Penggunaannya bisa dengan dua cara, diminum setiap hari atau membasuhnya di kemaluan. Bisa juga dengan cara keduanya. Jamu Manjakani rasanya pahit sebagaimana sifat jamu pada umumnya.

Mencuci kemaluan dengan rebusan air Manjakani berkhasiat menghilangkan bau tidak sedap akibat kelebihan cairan. Cocok sekali bagi ibu pasca bersalin untuk mempercepat proses luka jahitan dan merapatkan vagina kembali.

3 Lalapan

Buah Manjakani juga dapat dimakan sebagai lalapan bersama nasi. Rasanya agak sedikit pahit, cocok bagi yang doyan lalapan pahit seperti pare atau daun pepaya.

Sebelum memakan, memasukkan buah Manjakani ke dalam nasi yang sedang mendidih. Bila nasi sudah matang, ambilah buah Majakani tersebut kemudian potong kecil-kecil selagi masih lembut. Lalu dimakan bersama nasi disaat masih hangat.

4 Sebagai Campuran Bumbu Rempah

Buah Manjakani dicampur dengan rempah-rempah alami seperti kayu putih, buah pinang muda, kunyit putih, sirih dan lain sebagainya. Namun rempah-rempah yang akan digunakan diperlukan kajian lebih lanjut agar memiliki manfaat yang lebih baik. Campuran tersebut untuk pengobatan kista.

5 Campuran Madu

Buah Manjakani bisa dikonsumsi bersama madu. Caranya Manjakani ditumbuk dahulu sampai halus kemudian campur dengan 50 ml madu lalu aduk sampai rata sebelum diminum.

Campuran Manjakani madu ini berkhasiat sebagai anti kuman dalam kandung kemih, kekebalan tubuh dan meningkatkan gairah suami istri.

Tindakan Pengamanan

Disebabkan kandungan dosis tannin yang sangat tinggi, perlu beberapa tindakan pengamanan saat mengkonsumi Manjakani.

  1. Mulailah dengan dosis rendah dan meningkat secara bertahap. Setiap orang memiliki tingkat sensivitas yang berbeda terhadap obat-obatan termasuk obat herbal.

  2. Manjakani tidak cocok untuk wanita hamil dan tidak boleh digunakan selama periode haid.

  3. Manjakani tidak dianjurkan untuk perawan.

  4. Hentikan jika merasa efek samping negatif.

Hal yang paling aman disarankan dalam mengkonsumsi Manjakani adalah mengikuti saran ahli herbal. Manjakani memiliki dosis tannin yang tinggi sekali. Karena itu, ahli herbal meramunya dengan ramuan lain agar dosisnya menjadi seimbang dan tidak menimbulkan efek samping umum.

Sekarang banyak yang mengolah Manjakani secara modern dan secara umum aman diantaranya:

Efek Samping

Kandungan tannin yang sangat ektrim membuat Manjakani memiliki efek samping jika dikonsumsi dalam dosis tinggi atau saat kehamilan.

Konsumsi Manjakani selama kehamilan memiliki resiko pada janin, apalagi jika dibarengi minum kopi. Ada dua yang bisa terjadi yaitu:

  1. Dapat menyebabkan resiko keguguran.
  2. Bayi berpotensi menderita gangguan genetika.

Harus diperhatikan dengan benar bagi anda yang sedang hamil untuk menghentikan konsumsi Manjakani. Begitu pula bagi istri yang terlambat haid karena bisa jadi pertanda kehamilan.

Selain itu, penggunaan Manjakani dalam dosis tinggi akan menghentikan tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang anda makan. Bisa menyebabkan gizi buruk dan anemia.

Anemia adalah berkurangnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin didalam darah. Hemoglobin (Hb) adalah suatu senyawa protein pembawa oksigen didalam sel darah merah. Ketika anemia tidak diobati dapat menyebakan leukemia.

Saat itu anda tidak hanya akan kehilangan berat badan, tetapi juga kehilangan otot karena pengecilan otot. Telah saya jelaskan sebelumnya, tannin memiliki sifat menciutkan. Sehingga konsumsi berlebihan dapat menciutkan otot kita. Hati juga otot, artinya hati anda akan mengalami hati lemah. Seterusnya kulit menjadi kering, rapuh dan penuaan dini.

Karena itu, konsumsilah Manjakani berdasarkan saran ahli perhebalan dan hindari saat hamil dan haid.